My Name is

24.8.10

Tips Mudik dengan Motor

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, Tradisi mudik menjadi hal wajib bagi sebagian besar masyarakat. Arus mudik menjadi meningkat, baik transportasi umum, maupun transportasi pribadi. Bagi anda yang akan melaksanakan mudik menggunakan motor roda dua berikut beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat:

1. Sebelum Keberangkatan

- Pastikan kondisi motor anda tak ada masalah, periksa oli, kondisi dan tekanan angin ban, lampu, dan part lainnya berfungsi dengan baik. Jika bermasalah segera bawa ke bengkel resmi atau bengkel motor terdekat untuk diperiksa, jangan pelit untuk mengganti yang baru perangkat yang mulai aus atau tidak layak pakai lagi.

- Siapkan barang bawaan anda dan penunjang mudik, seperti jas hujan, toolset, Lap, dan Plastik (antisipasi jika terjadi hujan, tas barang tinggal d'bungkus plastik dech).

-Usahakan barang bawaan anda seminimal mungkin, dan penumpang kendaraan maksimal 2 orang+1 anak kecil. Jika lebih dari itu, Lebih baik anda tidak menggunakan motor untuk mudik.

- Isi full bahan bakar motor anda sebelum berangkat. Karena siapa tahu dalam perjalanan bensin sulit didapat.

2. Waktu Keberangkatan

- Berdo'a lah sebelum memulai dan saat perjalanan anda, Karena Dia-lah yang memberi keselamatan bagi kita.

- Lakukan pemanasan dan peregangan tubuh untuk melemaskan otot2 anda sebelum tancap gas.

- Dalam perjalanan, waspadalah akan bahaya lubang di jalan, orang dan hewan yang menyeberang tiba-tiba, dan mendahului lah dengan kondisi yang aman.

- Sebaiknya istirahatlah setiap 75 km atau setiap anda lelah dan mengantuk, tempat yang paling pas adalah Mesjid dan Pom Bensin (karena sedang puasa, jadi jangan mampir di warung ya)hehe.

- Jika terjadi masalah pada motor segera hentikan motor dan periksa sesegeranya atau mampir ke bengkel yang anda lalui.

Sekian beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda...Semoga mudik anda nyaman dan selamat, sehingga berbahagia berkumpul bersama sanak keluarga....

4 komentar:

  1. Mudik.. oh.. mudik..
    1001 ceritanya ...
    1001 rasanya ...
    1001 nikmatanya ...

    BalasHapus
  2. Aaaaaaaaaaa jadi pingin mudik :(

    BalasHapus
  3. Enaknya mudik, kampusku baru libur tanggal 9. masuk tanggal 14.
    Baru sekarang... oh aku rasakan.....

    BalasHapus