My Name is

15.8.10

Kemerdekaan RI

Republik Indonesia yang telah memasuki dirgahayu yang ke 65. Tentu merupakan waktu yang lama, dalam kurun waktu tersebut Negara ini telah mengalami berbagai kejadian dan peristiwa, bahagia dan musibah turut menyertai perjalanan Negara yang berpenduduk lebih dari 230 juta jiwa ini.

Berbagai pandangan dan pendapat tentang makna kemerdekaan memang beraneka ragam, ada yang merasa bangga dan bahagia melihat kondisi negara sekarang ini, tapi begitu banyak masyarakat yang mengkritik dan kecewa dengan keadaan Negara sekarang ini.
Menurut saya sendiri Kemerdekaan RI bermakna Kebebasan...Namun dalam arti Bebas yang terkontrol. Bebas untuk menentukan arah tujuan hidup dan berperilaku namun sesuai norma yang berlaku dan tidak merugikan hak orang lain. Bebas untuk memilih apa yang kita inginkan tanpa terkekang akan peraturan. Bebas untuk menikmati hidup.

Secara khusus lagi Kebebasan bagi saya adalah Bebas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,tanpa dihalangi oleh yang namanya sumbangan2 dan pungutan. Bebas dari segala macam bentuk Antre. Antre BBM, Antre Karcis, Antre Pelayanan masyarakat, dan Antre lainnya, Terlalu banyak waktu yang terbuang hanya berkutat dengan yang namanya antre. Juga berbagai kebebasan lainnya, tapi bukan kebebasan yang tak terkontrol, seperti halnya pergaulan bebas.

Semoga dengan HUT kemerdekaan RI yang ke 65 ini ke depannya Indonesia semakin aman, adil, dan sejahtera.


4 komentar:

  1. solusi simpel untuk Indonesia yang lebih baik: selalu berusaha memberikan yang terbaik buat negara :)

    BalasHapus
  2. untuk mengisi kemerdekaan, hanyalah memberi tak harap kembali............

    BalasHapus
  3. smg kita semua dapat mengisi kemerdekaan ini minimal dengan melakukan sesuatu yg berarti di lingkungan kita...
    Dirgahayu RI..dan salam merdeka...!!

    BalasHapus
  4. dan akhir kata saya komen, saya bangga jadi orang indonesia

    BalasHapus